Pompa Submersible di Waduk Adhyaksa Bakal Diganti

By Admin


nusakini.com - Dinas Tata Air DKI Jakarta akan membuat olakan atau tempat penampungan air baru di Waduk Adhyaksa yang berada RS Adhyaksa Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Pompa air di waduk ini juga akan diganti dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Pengawas Waduk Aliran Timur Dinas Tata Air DKI Jakarta, Deden Setia Permana mengatakan, Waduk Adhyaksa yang dibangun pihak RS Adhyaksa selama ini menampung saluran air dari warga Ceger, Gempol, Bambu Apus, Cipayung dan daerah sekitarnya.

"Banyak keluhan warga kalau sering terjadi genangan, makanya kita turun tangan.Setelah ditelusuri ternyata tempat penampungan air dan kekuatan pompa submersible-nya kecil. Sehingga perlu diganti," kata Deden di lokasi Waduk Adhyaksa

Menurutnya, kondisi eksisting kolakan yang ada hanya berukuran sekitar 1,5x4 meter persegi. Nantinya akan dirombak menjadi berukuran 3x10 meter persegi. Demikian halnya untuk tiga pompa submersible, kapasitasnya masing-masing hanya 65 liter per detik. Nantinya akan diganti dengan kapasitas 2x500 liter per deik.

Rencana perombakan kolakan dan pergantian pompa submersible, sambung Deden, sebenarnya sudah direncanakan sejak 2016. "Namun saat itu terbentur materialnya sehingga tidak dilakukan. Kami sudah koordinasi dengan RS Adhyaksa," tandasnya. (pr/kj/al)